Tirani Diri: Diagnosis Dosa dan Terapinya

Kategori: Al-Huda » Uncategorized | 4 Kali Dilihat
Tirani Diri: Diagnosis Dosa dan Terapinya Reviewed by penjualbuku14 on . This Is Article About Tirani Diri: Diagnosis Dosa dan Terapinya

Judul : Tirani Diri: Diagnosis Dosa dan Terapinya Penulis : Ridha Ramadhani Jailani Penerjemah : Ahmad Subandi Penyunting : Salman Parisi Penerbit : Al-Huda Ukuran : 15 x 23 cm Tebal : 356 halaman Harga : Rp 67.500,- Resensi:   Membincangkan dosa dan maksiat sepertinya merupakan “barang mewah” di dunia… Selengkapnya »

Rating:

Hubungi Kami

Order via SMS

085715545327

Format SMS : ORDER#NAMA PRODUK#JUMLAH
Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU :
Kg
20-05-2013
Detail Produk "Tirani Diri: Diagnosis Dosa dan Terapinya"

Tirani Diri: Diagnosis Dosa dan TerapinyaJudul : Tirani Diri: Diagnosis Dosa dan Terapinya

Penulis : Ridha Ramadhani Jailani

Penerjemah : Ahmad Subandi

Penyunting : Salman Parisi

Penerbit : Al-Huda

Ukuran : 15 x 23 cm

Tebal : 356 halaman

Harga : Rp 67.500,-

Resensi:

 

Membincangkan dosa dan maksiat sepertinya merupakan “barang mewah” di dunia modern. Betapa tidak, kesibukan manusia modern, khususnya daerah perkotaan, telah menyebabkan mereka kehilangan waktu untuk melakukan kontemplasi terhadap aktivitasnya di muka bumi. Kesibukan itu membuat manusia sering lalai menakar diri, adakah mereka berjalan di jalan yang benar, atau justru semakin bergelimang dosa demi uang.

Manusia akan mampu mengenali jebakan-jebakan dosa di sekitarnya apabila dia menyediakan waktu untuk mengambil jarak dari dirinya sendiri (distancing). Dengan cara itu, ia bisa merenungi, sejauh mana pekerjaan yang dilakukannya itu memang benar di mata Tuhan. Ia akan mampu menyimpulkan, misalnya, bahwa pelanggaran terhadap hukum Allah Swt, baik hukum fikih maupun hukum akhlak, hanya akan melahirkan berbagai kesulitan, musibah, atau keterbelengguan bagi dirinya sendiri dan orang lain. Sebaliknya, menaati aturan Allah akan melahirkan dan menguatkan sifat ketakwaan, membuat diri mampu membedakan yang benar dari yang salah, menguatkan akal budi, menarik kasih sayang dan perhatian khusus Allah Swt, serta memunculkan berbagai kebaikan lainnya yang tak terhitung.

Sesungguhnya itulah pesan utama dari buku yang ditulis oleh Ridha Ramadhani Jailani: menjadi manusia bertakwa. Buku yang terdiri delapan pasal ini mengajak pembaca untuk mendiagnosis dosa yang menjadi tirani diri sekaligus menyertakan terapinya. Setelah memberi pengantar mengenai dosa dan maksiat, Jailani mengajak kita untuk menjelajahi pemikirannya menyangkut masalah: definisi serta pembagian dosa dan maksiat, dampak perbuatan dosa, hukuman di dunia dan akhirat, akibat wadh’i perbuatan dosa, persoalan imaterialitas kalbu, bermasyarakat yang baik, serta upaya menjauhi dosa.

Tema-tema yang dibahas dalam buku ini memang sangat ensiklopedis dalam artian segala seluk-beluk dosa dibahas dengan komprehensif. Agaknya, inilah yang menjadikan penulis menjuduli bukunya dengan Ghunoh Shenasi yang secara bebas bermakna Ensiklopedia Dosa.(Arif Mulyadi)