Sang Pencerah Pengetahuan dari Timur : Suhrawardi & Filsafat Iluminasi

Kategori: Filsafat » Shadra Press | 154 Kali Dilihat
Sang Pencerah Pengetahuan dari Timur : Suhrawardi & Filsafat Iluminasi Reviewed by penjualbuku14 on . This Is Article About Sang Pencerah Pengetahuan dari Timur : Suhrawardi & Filsafat Iluminasi

Judul Sang Pencerah Pengetahuan dari Timur : Suhrawardi & Filsafat Iluminasi Penulis : Dr. Hossein Ziai Jenis Cover : Soft Cover Dikenal sebagai “Sang Guru Filsafat Ilumniasi” (Syaikh al-Isyraq) dari Timur dalam khazanah filsafat Islam, sosok dan pemikiran Suhrawardi Al-Maqtul (1153-1191 M) nyaris belum pernah dikaji secara serius dan sistematis.… Selengkapnya »

Rating: 1.0
Harga:Rp 60.000
Order via SMS

085715545327

Format SMS : ORDER#NAMA PRODUK#JUMLAH
Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU : swr
Stok Tersedia
Kg
01-10-2013
Detail Produk "Sang Pencerah Pengetahuan dari Timur : Suhrawardi & Filsafat Iluminasi"

Sang Pencerah Pengetahuan dari Timur : Suhrawardi & Filsafat IluminasiJudul Sang Pencerah Pengetahuan dari Timur : Suhrawardi & Filsafat Iluminasi
Penulis : Dr. Hossein Ziai
Jenis Cover : Soft Cover

Dikenal sebagai “Sang Guru Filsafat Ilumniasi” (Syaikh al-Isyraq) dari Timur dalam khazanah filsafat Islam, sosok dan pemikiran Suhrawardi Al-Maqtul (1153-1191 M) nyaris belum pernah dikaji secara serius dan sistematis. Pemikiran Suhrawardi bukanlah sebuah sistem teologi, teosofi, dan juga bukan sejenis sagesse oriental (hikmah dari Timur), melainkan sebuah konstruksi filsafat mistis sistematis yang mengabaikan dogmatisme dengan disposisi dinamis. Meski mengandung kearifan (sophia) dalam artian ketat, pemikiran Suhrawardi pada dasarnya adalah sebuah konstruksi filsafat yang bertujuan menelaah hakikat segala sesuatu berikut berbagai jawaban manusia atasnya, yang diungkapkan secara sistematis dan radikal.

Pada masa ketika semangat zaman (Zeitgeist) dalam sejarah Islam sudah menjadi tidak lebih dari sekadar pengabaian atas pengalaman spiritual dan segenap manifestasi penyingkapannya, Filsafat Iluminasi (Hikmah al-Isyraq) Suhrawardi menawarkan sebuah metode telaah alternatif dalam mengkaji hakikat segala sesuatu dan menemukan jawaban atas berbagai persoalan yang berkaitan dengannya.

Buku di tangan pembaca ini berupaya mengisi kekosongan kajian ihwal sosok dan pemikiran Suhrawardi. Diharapkan bahwa kandungan buku ini akan menjadi langkah awal dan pendahuluan bagi kajian lebih lanjut dan lebih komprehensif atas pemikiran seorang manusia yang berpengaruh secara monumental pada mistisisme dan pemikiran filosofis dalam Islam.

***

Cakupannya yang komprehensif, analisisnya yang sistematis dan kritis, dan kandungan informasinya yang kaya telah membuat karya Hossein Ziai ini sangat penting bagi siapa pun yang melakukan kajian atas filsafat iluminasi Suhrawardi, Guru Filsafat Ilumniasi (Syaikh al-Isyraq).

—Kautsar Azhari Noer, Guru Besar Perbandingan Agama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Konsultan pada Sadra International Institute