Dialog Antar Iman

Kategori: Akhlak » Al-Huda » Aqidah | 34 Kali Dilihat
Dialog Antar Iman Reviewed by penjualbuku14 on . This Is Article About Dialog Antar Iman

Judul : Dialog Antariman: Membangun Jembatan Kepercayaan Penulis : Mohamad Jawad Chirri Penerjemah : Akmal Kamil Penyunting : Khalid Sitaba Penerbit : Al-Huda Ukuran : 18 x 17 cm Tebal : 222 halaman Harga : Rp 27.000,- Resensi: Perbedaan di antara dua agama atau mazhab atau lebih bisa memunculkan dua fenomena:… Selengkapnya »

Rating:

Hubungi Kami

Order via SMS

085715545327

Format SMS : ORDER#NAMA PRODUK#JUMLAH
Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU :
Kg
18-06-2012
Detail Produk "Dialog Antar Iman"
dialogimanctk

Judul : Dialog Antariman: Membangun Jembatan Kepercayaan

Penulis : Mohamad Jawad Chirri
Penerjemah : Akmal Kamil
Penyunting : Khalid Sitaba
Penerbit : Al-Huda
Ukuran : 18 x 17 cm
Tebal : 222 halaman
Harga : Rp 27.000,-

Resensi:

Perbedaan di antara dua agama atau mazhab atau lebih bisa memunculkan dua fenomena: pola dialog dan konflik. Kedua fenomena ini sepertinya mengalami fluktuasi. Kadang di satu tempat perbedaan tersebut diatasi dengan pendekatan dialog (seperti buku ini), terkadang pula disikapi secara frontal sehingga melahirkan konflik horizontal sebagaimana yang terjadi di berbagai tempat di negeri kita ini. Akal mengatakan bahwa sungguh tidak bijak jika semua yang berbeda dihampiri dengan buruk sangka, apalagi di negeri yang majemuk seperti Indonesia. Karena itu, dibutuhkan sebuah pendekatan dialog yang lebih konstruktif dan saling percaya.

Sudah banyak buku yang memaparkan pola dialog antara kepercayaankepercayaan yang berbeda di Indonesia yang diterbitkan para aktivis pluralisme. Seringkali dialog itu malah berujung pada ‘semua agama itu sama’. Namun, bagaimana pola dialog yang benar-benar jujur? Di sinilah pentingnya buku ini untuk ditelaah oleh pembaca. Pembaca akan melihat bahwa kejujuran dan ketulusan untuk mencari kebenaran merupakan syarat utama dalam sebuah dialog.

Buku ini semula berformat korespondensi antara Wilson H. Guertin, Ph.D dan Mohammad Jawad Chirri yang kemudian dinarasikan oleh penyunting edisi Indonesia. Tema-tema yang dijawab oleh penulis buku memang merupakan tema-tema yang sering disalahpahamkan di Dunia Barat. Terdiri dari 20 Wacana, buku ini mengalir dari mulai tema pentingnya kebebasan berdiskusi dalam Islam, masalah ontologi, ketuhanan berikut keadilannya, masalah kenabian umum dan Nabi Muhammad, hari akhir, dan ditutup dengan perintah dan larangan dalam Islam. Artinya, si penanya, Guertin, demikian getol menanyakan persoalan keagamaan dan keislaman secara komprehensif

Sungguh menarik ketika menyimak Chirri, lama asal Lebanon dan Direktur Islamic Center di Detroit (Kanada) ini mendedah soal ketuhanan yang tunggal. Katanya, “Isa adalah seorang ahli ibadah. Tentu saja, dia beribadah kepada Tuhan, bukan kepada dirinya. Hal ini membuktikan bahwa dia bukanlah Tuhan, namun seorang hamba Tuhan…” (hal.75.) Chirri menggunakan argumentasi dengan berbagai aspek, mulai dari filosofis hingga empiris. Buku ini penting dibaca oleh umat Islam, agar tak terseret pluralisme yang salah kaprah.(Arif Mulyadi)

Tags: