Al-Qur’an dan Sekularisme

Kategori: Al-Quran » Filsafat » RausyanFikr » Shadra Press | 122 Kali Dilihat
Al-Qur’an dan Sekularisme Reviewed by penjualbuku14 on . This Is Article About Al-Qur’an dan Sekularisme

Judul : Al-Qur’an dan Sekularisme Penulis : Muhammad Hasan Qadrdan Qaramaliki Penerbit : Sadra Harga : Rp. 60.000 Sebagian cendikiawan muslim, baik dari kalangan Arap maupun non-Arab, kerap mengidentifikasi dengan budaya Sekularisme Barat hingga berusaha menyusupkannya ke dalam tubuh Islam. Mereka kemudian memperlakukan Islam tak ubahnya Kristen: agama personal yang… Selengkapnya »

Rating:

Hubungi Kami

Order via SMS

085715545327

Format SMS : ORDER#NAMA PRODUK#JUMLAH
Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU :
Kg
23-08-2013
Detail Produk "Al-Qur’an dan Sekularisme"

alquran &sekularismeJudul : Al-Qur’an dan Sekularisme
Penulis : Muhammad Hasan Qadrdan Qaramaliki
Penerbit : Sadra
Harga : Rp. 60.000

Sebagian cendikiawan muslim, baik dari kalangan Arap maupun non-Arab, kerap mengidentifikasi dengan budaya Sekularisme Barat hingga berusaha menyusupkannya ke dalam tubuh Islam. Mereka kemudian memperlakukan Islam tak ubahnya Kristen: agama personal yang tidak memiliki tata hukum sosial-politik dan keduniaan. Untuk melapisi asumsi ini dengan narasi agama, mereka mempergunakan ayat-ayat Al Qur’an. Dengan modus ini pula mereka mengargumentasikan kredibilitas paham itu dan membantah antitesis . Oleh karena itu mengkritisi pandangan dan kerancuan intelektual pendukung Sekularisme dari sudut pandang Al Qur’an merupakan keputusan yang amat penting sehingga buku ini hadir.
Buku ini memuat tujuh basis pemikiran Sekularisme, yaitu Saintisme, Rasionalisme, Hak Natural, Humanisme, Liberalisme, Relativisme dan Pengalaman Religius (religious experience), yang masing-masing dilengkapi dengan analisis dan tinjauan kritis. Kemudian, mendeskripsikan berbagai model Sekularisme berikut sejumlah kritik terhadap masing-masing model tersebut. Juga akan dibahas dua interpretasi lain seputar hubungan agama dengan politik dan pemerintahan, interpretasi yang dianut kaum Akhbariyah dan Prudensialisme. Dilengkapi juga dengan tinjauan kritis terhadap gugusan argumentasi dan kerancuan intelektual kaum Sekuler.
Dari segi subjek, karya ini barangkali dinilai sebagai pionir. Meskipun telah banyak artikel dan buku yang mengkritisi Sekularisme dalam beberapa kurun belakangan, sejauh ini belum ditemukan karya ekslusif yan meninjau kritis Sekularisme dari perspektif Al Qur’an. Keistimewaan lain adanya diidentifikasi berbagai model Sekularisme, klasifikasi argumen dan kerancuan intelektual (syubhah) kaum Sekular terhadap Al Qur’an yang diperoleh dari karya tulis dan media cetak, serta kritik objektif dan tentu sejauh klaim penulis sendiri-ilmiah terhadapnya.

“Ini adalah karya penting yang melihat sekularisme dalam perspektif Al Qur’an. Lebih dari itu, buku ini mengupas banyak aspek politik lain dalam Islam yang masih ramai diperdebatkan oleh para pemikir dan aktivis Islam” (Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA, Mphil, Direktur SPS UIN Jakarta)

Tags: , , ,